Anak Kurang Tidur

Anak-anak memiliki waktu ideal untuk tidur. Jika hal ini terpenuhi akan berpengaruh terhadap perkembangan otaknya. Terkadang Anak sudha tidur di jam 8 – 9 malam, tapi terkadang di pagi hari, Anak masih sering menguap. Untuk mengetahui apakah anak anda termasuk anak yang mempunyai waktu tidur yang cukup atau kurang, dapat anda perhatikan dengan melihat aktifitasnya disaat siang hari. Apakah Anak kurang tidur? Atau kualitas tidur Anak yang kurang baik?

Nah, berikut ini kami ingin sajikan untuk Anda 3 faktor yang menjadi gejala bahwa Anak kurang tidur serta akibatnya.

Baca juga Tips Cara Mengatasi Anak Susah Mandi.

Hiperaktif dan sulit dikontrol.
Tak seperti orang dewasa yang cenderung tak masalah jika kurang tidur, anak yang mengantuk justru menjadi hiperaktif dan sulit dikendalikan. Beberapa malah rentan tantrum. Sepanjang hari, anak akan terpacu adrenalinnya hingga terus menerus berlari dan menyentuh berbagai benda.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Helsinki di Finlandia terhadap anak-anak berusia tujuh hingga delapan tahun menemukan bahwa kurang tidur pada anak-anak bisa jadi berhubungan dengan gejala ADHD. Anak-anak yang waktu tidurnya singkat, kurang dari 7,7 jam setiap malam biasanya lebih hiperaktif dan kurang fokus dibanding mereka yang lebih lama tidurnya.

Sulit berkonsentrasi
Ketika Anak kurang tidur, maka Anak akan mempunyai daya konsentrasi yang rendah dan kurang konsentrasi serta fokus. Bahkan Anak akan mudah lupa apa yang diajarkan gurunya di sekolah. Tanpa tidur yang cukup, memori, fokus, konsentrasi Anak akan menurun. Dan bisa mengancam prestasinya di sekolah.

Berat badan sulit naik
Ketika Anak kurang tidur, Anak akan banyak malas-malasan, termasuk malas untuk makan. Selain itu juga mengancam hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini biasanya dikeluarkan pada waktu Anak tidur. Jika tidurnya terganggu, maka pertumbuhan fisiknya juga terganggu.

Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa Anda ketahui bila Anak kurang tidur. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Source :
http://ibudanmama.com

Sumber Gambar : http://jogjafamilyfm.com

Related posts: