Komunikasi Anaak

Anda sebagai orang tua tentu menginginkan sebuah komunikasi dengan anak selalu terjalin dengan lancar dan harmonis. Namun di zaman serba modern sekarang ini, banyak terlihat orang tua baik ayah ataupun ibu sangat sibuk dengan pekerjaannya dalam mengejar karier mereka sendiri sehingga sering menitipkan anak kepada orang lain. Dan akibatnya orang tua lalai kepada anaknya yang butuh perhatian mereka.

Salah satu masalah yang sering terlupakan oleh para orang tua adalah menjaga komunikasi dengan anaknya sendiri. Komunikasi yang berjalan dengan lancar akan membuat anak-anak merasa selalu diperhatikan orang tua mereka sehingga keharmonisan akan selalu tumbuh. Anak-anak yang dibesarkan dengan keluarga bahagia umumnya akan membentuk anak menjadi karakter yang bertanggung jawab dan percaya diri, serta penyayang terhadap orang tua maupun orang lain.

Nah, berikut ini kami disini mencoba mengulas tips cara berkomunikasi dengan anak dengan lancar dan harmonis.

Meluangkan waktu untuk anak
Anak- anak sangat suka bermain. Mereka juga banyak belajar lewat berbagai permainan tersebut. maka tak ada salahnya bagi orang tua untuk bermain di lantai dengan anak-anak setidaknya selama 20 menit. Dengan banyak meluangkan waktu bersama mereka, paling tidak tiga kali sehari, akan membuatnya tertarik. Dan pada akhirnya mereka akan mulai membuka diri untuk berkomunikasi.

Buatlah sedikit konyol
Anak-anak memiliki bakat dan selera humor. Menggunakan humor dan membuat anak tertawa sedikit menghilangkan ketakutan mereka untuk bicara. Gunakan cara seperti cerita konyol untuk memancing anak nyaman berbicara. Bila sudah nyaman mereka dengan mudah mengungkap banyak cerita.

Buat permainan
Game adalah cara indah untuk berkomunikasi, karena mereka tidak mengancam, dan anak merasa aman. Seperti membuat kuis atau tebak lagu. Dengan cara ini, Anda mungkin akan mendapatkan jawaban yang lebih jujur.

Komunikasi dua arah
Biarkan anak-anak bertanya. Ketika anak melihat Anda memberi jawaban terbuka maka mereka akan bersedia pula menjawab dengan lepas. Biarkan anak tahu bahwa tak ada yang perlu ditutup-tutupi dengan orangtua sendiri.

Minta maaf bila salah
Bila Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin tidak seharusnya dikatakan/dilakukan, jangan ragu atau malu meminta maaf pada anak. Akui bahwa Anda pun hanya manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

Menghargai prestasi anak
Apapun yang anak lakukan selama masih batasan yang baik, usahakan agar anak selalu mendapat pujian dari anda hati anak menjadi senang. Jangan pelit memberikan pujian kepada anak anda sehingga anak merasa diperhatikan oleh anda. Jika anda mengalami kegagalan, berusahalah untuk selalu menghiburnya.

Gimana dengan beberapa tips di atas, apakah Anda dapat sebuah inspirasi baru untuk menjalin hubungan komunikasi Anda sebagai orang tua dengan Anak kesayangan Anda.

source:
http://okezone.com
http://http://soperwa.com
http://http://www.voa-islam.com

Related posts: