Permainan Anak

Perkembangan bahasa anak adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu serta seringkali menjadi kebanggan orangtua. Karena dunia anak-anak masih berupa dunia bermain, maka salah satu hal yang bisa digunakan untuk merangsang perkembangan dalam hal bahasa adalah melalui permainan olah kata untuk si kecil. Permainan ini mudah, murah, dan bisa dilakukan anak dengan orangtua di rumah bahkan tanpa alat bantu apapun. Berikut adalah empat macamnya.

  1. Yang pertama adalah permainan sambung kata. Dalam permainan ini, misalnya orangtua mengucapkan kata “main”, lalu si anak harus menyambungnya menjadi “main bola”, demikian seterusnya hingga membentuk sebuah kalimat atau cerita. Permainan bisa berhenti jika salah satu lupa dengan kata sebelumnya. Sambung kata juga bisa merangsang daya ingat anak.
  2. Lalu ada pula permainan sambung balok. Melalui permainan ini, anak tidak hanya akan mengalami perkembangan bahasa namun juga melatih konsentrasi serta merangsang daya motorik halus. Pilih balok dengan warna mencolok supaya anak betah.
  3. Selanjutnya, permainan olah kata untuk si kecil adalah dengan bernyanyi. Orangtua bisa memilih lagu anak-anak yang sederhana dan populer seperti Burung Kakaktua, Pelangi-pelangi, dan lain-lain. Sama seperti sambung kata, bernyanyi juga melatih daya ingat anak.
  4. Terakhir adalah dengan mengajaknya mengobrol. Sering mengajak bicara anak akan membuatnya lebih memahami perkataan orang lain dan lambat laun mulai belajar juga mengenai bagaimana berkata-kata yang baik dan benar. Tanggapi setiap perkataan anak supaya ia terangsang untuk terus berbicara.

Baca juga Tips Menyapih Anak Umur Dua Tahun.
Selain melatih anak untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya, keempat permainan di atas juga bisa melatih anak untuk lebih berani berbicara. Lakukan keempat permainan tersebut setiap hari supaya anak terbiasa dan lebih memahami banyak kata-kata serta kosakata baru. Terutama untuk poin terakhir yaitu dengan mengajaknya mengobrol, usahakan untuk ajak anak ngobrol juga di tengah-tengah melakukan permainan.

Memiliki anak yang cerdas dan kemampuan bahasanya baik tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Oleh karena itu, jangan cepat merasa lelah dan bosan untuk melakukan keempat permainan olah kata untuk si kecil di atas.

Demikianlah artikel dari kami, semoga ulasan kami di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Sumber Gambar : ibudanmama

Related posts: