anak sariawan

Penyakit sariawan ternyata tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja. Ternyata anak anak dan balita juga rentan terkena penyakit yang satu ini. Sariawan adalah salah satu gejala peradangan yang muncul di dalam rongga mulut. Sariawan ini biasanya terjadi di pipi bagian dalam, lidah, bibir, gusi, atap mulut, lantai mulut, dan kerongkongan. Apa faktor anak sariawan? Bagaimana cara mengatasi sariawan pada anak? Simak saja jawabannya berikut ini.

Meskipun terlihat sepele, penyakit sariawan ini nyatanya dapat mengganggu proses pencernaan anak. Anak-anak yang terkena sariawan umumnya enggan untuk makan karena akan terasa perih jika makanan menyentuh benjolan sariawan. Oleh karena itu, untuk mencegah sariawan, kita harus mengetahui faktor anak sariawan, yaitu sebagai berikut.

Baca juga Manfaat Tidur Siang Bagi Anak dan Cara Membiasakannya.

1. Stomatitis Apthosa
Faktor pertama yang sering menyebabkan sariawan pada anak adalah adanya trauma. Luka tergigit atau goresan ketika menyikat gigi dapat menjadi sariawan ketika kuman-kuman tersebut masuk pada luka. Akibatnya, akan terjadi peradangan (atau yang disebut dengan sariawan) yang akan menimbulkan rasa perih atau nyeri.

2. Oral Thrush
Sariawan juga bisa disebabkan oleh jamur yang disebut Candida Albicans yang sering bersarang di lidah. Jamur ini dapat tumbuh di atas batas normal apabila daya tahan tubuh si kecil menurun.

3. Stomatis Herpetic
Sariawan juga bisa muncul karena virus Herpes Simpleks. Virus ini biasanya bersarang di belakang tenggorokan. Sariawan di bagian ini bisa terjadi ketika virus sudah mewabah dan daya tahan tubuh anak mulai menurun.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan anak sariawan, sebaiknya sebagai orang tua kita harus mencegah anak jangan sampai terkena sariawan. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan mulut serta gigi anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Nah, ketika anak sudah terkena sariawan, apa yang sebaiknya kita lakukan?

1. Berikanlah anak makanan dan minuan yang mengandung gizi seimbang. Biasanya ketika sariawan, anak akan susah untuk makan. Oleh karena itu, berikanlah cairan yang mengandung vitamin C, B, dan Zat besi untuk mempercepat penyembuhan.

2. Pastikan anak anda tetap mengkonsumsi makanan dengan cara menyuapi si kecil secara perlahan.

3. Perbanyaklah minum air putih, karena kekurangan cairan juga merupakan faktor anak sariawan sebaiknya gunakanlah gelas untuk minum buah hati anda.

Nah, itulah dia beberapa faktor anak sariawan dan cara mengatasinya. Semoga artikel yang kami sampaikan kami di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber gambar : ekalase.com

Related posts: