Mata Minus Anak

Mata minus nyatanya tak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Sering sekali kita menjumpai anak-anak yang memiliki mata minus. Apa sebenarnya penyebab mata minus pada anak? Sekitar 80 persen pengetahuan manusia diperoleh melalui indera penglihatan, jika mata kita mengalami gangguan, kemungkinan terbesar akan terjadi juga gangguan di dalam kehidupan. Supaya anak kita tidak memiliki gangguan mata minus, kita harus mengerti apa saja penyebab mata minus.

Jumlah anak-anak yang menderita rabun jauh atau yang sering kita sebut sebagai mata minus semakin banyak saja dari hari ke hari. Terlebih mereka yang tinggal di kota-kota besar. Berikut ini adalah penyebab mata minus pada anak:

Baca juga Menentukan Usia Anak Siap Sekolah.

  1. Perkembangan teknologi yang amat pesat, disadari atau tidak teknologi juga membawa dampak yang buruk untu generasi muda. Kebiasaan main game di hp atau laptop dapat membuat ganggunan pada mata anak, oleh karena itu, kebiasaan main game digital ini harus dihindari.
  2. Faktor Keturunan. Menurut ahli kedokteran, orang tua yang memakai kacamata beresiko menularkan penyakit gangguan matanya ini kepada buah hati tercinta. Faktor ini memang bukan menjadi faktor yang utama, karena bisa dicegah dengan cara memberikan nutrisi yang tepat ketika masa kehamilan dan juga perkembangan anak. Penanganan sejak dini adalah hal terbaik agar anak terhindar dari mata minus.
  3. Kebiasaan Buruk. Kacamata adalah hadiah yang harus diterima jika anda membiarkan anak anda melakukan kebiasaan buruk, seperti membaca dengan pencahayaan yang minim atau terlalu lama berada di depan layar monitor. Supaya anak terhindar dari mata minus, sebaiknya orang tua mengajarkan anak untuk tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut.

Nah, demikian adalah beberapa penyebab mata minus pada anak yang sebenarnya masih bisa dihindari oleh para orang tua. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Oleh karena itu, sebelum terjadi sebuah gangguan pada mata anak, sebaiknya para orang tua mendampingi dengan baik masa pertumbuhan buah hatinya. Pengawasan sejak dini dapat meminimalisir segala bentuk gangguan pada anak.

source image : matasilinder.com

Related posts: