Sebagai orang tua, mengawasi tumbuh kembang buah hati tercinta memang menjadi sebuah kewajiban yang amat menyenangkan. Tumbuh kembang anak selalu memperlihatkan sebuah perilaku unik sesuai dengan usianya. Terkadang, kita sebagai orang tua merasa aneh dengan perilaku unik anak, sampai-sampai bertanya sendiri dalam hati, apakah perilaku anak kita ini wajar?

Nah, pada bayi usia 1 sampai dengan 2 tahun, beberapa hal unik apakah yang sering ia lakukan? Simak uraiannya berikut ini.
anak usia 1-2 tahun
Perilaku unik anak usia 1 – 2 tahun adalah sebagai berikut.

Baca juga Faktor Anak Sariawan dan Cara Mengobatinya.

1. Mengapa bayi berusia 15 bulan sering sekali berjalan dengan membawa balok atau kunci?
Ketika bayi berusia 15 bulan, ia mungkin baru saja bisa berjalan. Rasa ingin tahunya kemudian semakin bertambah tatkala ia sudah bisa menyeimbangkan diri ketika berjalan. Kini, buah hati anda tidak lagi terjatuh ketika mengambil sesuatu dengan cara berjongkok. Hal inilah yang kemudian membuat buah hati anda sering membawa sesuatu ketika berjalan.

2. Mengapa bayi selalu mengulang kata terakhir yang kita ucapkan?
Setelah mampu berjalan, tumbuh kembang anak nantinya akan sampai pada kemampuan untuk berbicara. Pada usia 15 sampai dengan 18 bulan, anak sedang berusaha mengerti akan bahasa yang orang tuanya ucapkan. Oleh karena itu, ketika orang tua bertanya, misalnya “Adek sayang Mama.” Anak anda pasti hanya bisa menirukan “mama” dan akan diucapkannya berulang-ulang. Hal ini adalah perilaku unik dan menggemaskan yang sering dilakukan anak.

3. Mengapa bayi sering sekali memainkan tisu toilet atau menaruh sesuatu di kamar mandi?
Rasa ingin tahu anak selanjutnya akan semakin bertambah sesuai dengan usianya. Setelah bisa berjalan dan berbicara, pada usia sekitar 18 – 24 bulan, perkembangan otaknya akan sampai pada “apa yang akan terjadi bila”. Saat anak anda melihat gulungan tisu toilet, dan menariknya, ia akan berpikir kenapa tisu tersebut seperti tidak ada habisnya. Karena tidak mendapatkan jawaban, selanjutnya buah hati anda menganggap aktivitas tersebut sebagai suatu bentuk kesenangan tersendiri.
Nah, demikian adalah beberapa perilaku unik anak yang sering ditonjolkan antara usia 1 sampai dengan dua tahun. Perilaku tersebut sangatlah wajar, jadi para orang tua pun dapat menanggapinya dengan hal yang positif.

Related posts: