Anak Susah Mandi

Mandi membuat badan segar dan sehat. Namun, seringkali anak, di usianya yang masih balita susah jika disuruh mandi. Beberapa anak balita susah mandi dengan berbagai alasan, entah itu karena takut air, takut matanya perih kena sampo, atau sedang punya luka yang perih jika terkena air. Bahkan mereka terkadang mengeluarkan senjata ampuh, yakni menangis jika tak mau mandi. Orang tua sering dibuat jengkel dengan hal ini.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi anak yang susah mandi? Berikut ini kami sajikan tip-tips mengatasi agar anak mau mandi.

Baca juga 5 Tips Cara Agar Anak Gemar Membaca.

Bawa Mainan Anak
Salah satu cara mudah untuk mengajak anak membersihkan diri adalah membawa mainannya ke kamar mandi. Jika si kecil sedang bermain, izinkan anak bawa satu atau dua mainannya ke kamar mandi. Trik paling gampang ajak anak mandi adalah bawa mainan ke kamar mandi tapi satu atau dua saja nggak semua. Mainan bisa apa saja yang lagi dia pegang misalnya cangkir-cangkiran bisa dibawa ke kamar mandi, di satu sisi bagus buat motorik skill-nya, satu sisi anaknya jadi mau mandi.

Gunakan air hangat
Seringkali, alasan anak tidak mau disuruh mandi atau dimandikan adalah karena takut air terlalu dingin baginya yang baru saja bangun tidur. Anda bisa menghangatkan air untuk mengajak mandi si kecil. Dengan air hangat ini, bisa saja membuatnya tidak takut kedinginan.
Air yang hangat membuat tubuhnya nyaman saat mandi. Anak yang takut dingin, tentu akan lebih senang ketika mandi dengan air hangat. Coba tunggu reaksinya setelah Anda menyiapkan air hangat. Jika ia tetap tak mau, itu artinya si kecil malas mandi saja dan bukan karena takut dengan air yang dingin.

Gunakan Kacamata Renang
Jika si kecil takut air atau takut matanya kemasukan sabun, bunda bisa membelikan si kecil kacamata berenang untuk melindungi matanya dari percikan sabun atau sampo. Mengajaknya untuk berenang dikolam renang atau membiarkan si kecil bermain dengan selang air dapat membantu menghilangkan ketakutannya terhadap air.

Berikan penghargaan
Anak-anak paling suka diberikan hadiah. Ibu bisa mengajak anak untuk selalu rajin melakukan rutinitas mandinya dan memberikan hadiah jika sang anak tak pernah malas maupun menolak mandi. Dengan begitu, anak akan merasa disayangi orang tuanya dan merasa sayang jika harus melewatkan kewajiban mandi 2 kali sehari.

Dari beberapa tips mengatasi anak yang susah mandi, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi :
http://ibudanmama.com
http://wolipop.com
http://balitapedia.com

Sumber Gambar : vemale.com

Related posts: